Selasa, 20 Juni 2017

PruPrime Healthcare Syariah? Why Not



Sejak dulu, saya dan suami sudah sering membahas soal asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan yang kiranya bisa 'menjamin' masa depan keluarga kami kelak. Apalagi kami sadar kami ga akan selamanya sehat. Pembahasan makin kencang setelah kelahiran anak kedua kami 1 bulan lalu. Hanya saja untuk memilih asuransi mana yang akan kami beli,  selalu menimbulkan pembahasan baru dan masih belum menemukan ujungnya.

Sampai akhirnya saya menghadiri event di mana salah satu perusahaan asuransi ternama Indonesia memperkenalkan produk barunya. Event tersebut diselenggarakan pada tanggal 14 Juni 2017 bertempat di Four Points Hotel, Makassar yang dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama.

10 Tahun Prudential Syari'ah

Sudah pernah dengar asuransi bernama Prudential Indonesia? Saya pribadi sih sudah ga asing dengan nama itu. Saya yakin begitu juga bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sejak masuk di segmen asuransi jiwa syari'ah pada tahun 2007, Prudential Indonesia bisa menempati posisi pemimpin pasar, dengan kontribusi bruto dana tabarru per akhir tahun 2016 sebesar Rp 2,2 triliun. Prudential Indonesia juga mencatat lebih dari 510,000 polis syariah yang aktif, serta aset sebesar Rp 3,4 triliun.
Prudential Indonesia selalu berusaha untuk mendengarkan dan memahami para nasabahnya dengan menawarkan produk dan layanan inovatif sesuai dengan kebutuhan mereka.

PRUprime Healthcare Syari'ah

Nah, ini dia produk baru yang diluncurkan oleh Prudential dalam rangka memperingati 10 tahun berkiprah di Industri asuransi jiwa syari'ah di Indonesia. PRUprime healthcare syari'ah, merupakan produk asuransi jiwa rawat inap komprehensif yang berbasis syari'ah. Pak Widyananto Sutanto selaku ‎Vice President - Corporate Communications at PT Prudential Life Assurance menjelaskan, “PRUprime healthcare syariah merupakan produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan jangkauan global dan manfaat yang dapat berkembang"

“Setelah satu dekade beroperasi di industri asuransi jiwa Syari'ah, Prudential akan terus memegang teguh komitmennya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya perlindungan keuangan, dalam hal ini yang berbasis syari'ah, dan juga komitmen kami untuk berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian syariah negara serta memberi kembali kepada masyarakat,” lanjut Ibu Pak Wid.

Pak Widyananto mempresentasikan 10 tahun Prudential beroperasi di industri asuransi jiwa syari'ah


Konsep Asuransi Syari'ah

Pak Ahmad Nuryadi selaku anggota DPS Pudential Indonesia kemudian memaparkan bagaimana konsep Syari'ah yang diterapkan oleh Prudential.

Prudential menjunjung tinggi nilai-nilai universal Syari'ah, yang termasuk di dalamnya prinsip gotong royong, berbagi risiko dan manfaat untuk semua, yang baik untuk semua orang dan sesuai kebutuhan keluarga Indonesia. Jadi, bukan hanya muslim saja yang bisa menjadi nasabah PRUprime Healthcare syari'ah ini ya.

Pak Ahmad melanjutkan, Industri asurasi jiwa syari'ah di Indonesia masih memiliki banyak ruang untuk tumbuh. Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, yang mencapai 207 juta orang, perekonomian syariah memiliki peran penting bagi perekonomian negara secara keseluruhan. Permintaan (demand) untuk jasa/produk keuangan berbasis syaria'h akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan kelas menengah.

Potensi pasar ini juga terlihat dari terus tumbuhnya industri Asuransi jiwa syariah, dengan rata-rata pertumbuhan 18% setiap tahunnya berdasarkan CAGR dari tahun 2011 hingga 2016, dengan kontribusi sebesar 6% bagi industri asurasi jiwa. 

Keunggulan PRUprime Healthcare Syari'ah

Untuk membeli asuransi, tentunya kita harus tahu dulu apa saja yang menjadi keunggulan dari produk asuransi tersebut. Dan ternyata banyak banget keunggulan dari PRUprime healthcare syari'ah ini yang dipaparkan lewat presentasi Pak Paradikma Subawa selaku Product Marketing. Berikut beberapa keunggulan PRUprime yang bisa jadi pertimbangan buat saya dan suami dalam memilih produk asuransi:

  • Memiliki fitur di mana Prudential Indonesia akan membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, sehingga nasabah bisa lebih fokus terhadap pemulihannya.
  • Fitur di mana Prudential Indonesia akan memberikan penambahan sebesar 10% dari batas manfaat tahunan awal jika tidak ada klaim yang dilakukan selama satu tahun polis berjalan. Penambahan bisa diberikan hingga maksimal 50% dari batas manfaat awal, sehingga perlindungan dapat terus terjaga di tengah biaya pengobatan yang terus meningkat setiap tahunnya. Fitur ini merupakan yang pertama di industri asuransi jiwa syari'ah.
  • PRUprime limit booster  yaitu sejumlah dana tambahan yang dapat digunakan apabila seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai. Apabila digabungkan dengan batas manfaat tahunan, maka fitur ini dapat memberikan dana tambahan hingga Rp 35 miliar, yang merupakan nilai perlindungan rawat inap tertinggi di Indonesia.
  • Memberikan perlindungan global, termasuk nasabah bisa melakukan perawatan inap dalam kondisi darurat di Amerika Serikat. 
  • Memberikan fasilitas perawatan secara cashless di jaringan rumah sakit yang luas di Indonesia, Singapura dan Malaysia, di mana nasabah cukup menunjukkan kartu PRUprime healthcare syari'ah tanpa harus mengeluarkan uang sendiri.
  • Santunan Dana Marhamah, atau santunan kasih sayang, yang diberikan jika peserta yang diasuransikan meninggal.
Presentasi mengenai detil produk PRUprime, oleh Pak Paradikma Subawa

Pak Ahmad merupakan narasumber terakhir yang memberikan pemaparan di acara tersebut. Setelah sesi tanya jawab dan foto bersama, acara ditutup dengan berbuka puasa bersama.

Dengan mendapat penjelasan langsung dari narasumber mengenai produk baru dari Prudential ini, saya rasa pembahasan panjang bersama suami soal asuransi akan segera menemukan ujungnya. Apakah kami akhirnya akan memilih PRUprime Healthcare Syari'ah ini? "Hmmm..Why Not?"