Kamis, 18 Mei 2017

Masakini Yang Kekinian



"Masa kini yang kekinian? Lha, bukannya masa kini emang sudah pasti kekinian?"

Eits, tunggu dulu. Ini kita tidak sedang belajar mencari padanan kata ya. Yang saya maksud kekinian di sini adalah sebuah cafe tematik yang instagramable dan unik baik dari segi interior maupun menu yang disajikan. Nama cafenya Masakini Food & Gallery, Makassar

Sejak dibuka oktober 2016 lalu, saya memang tidak pernah tertarik mengunjungi cafe ini kecuali ditraktir atau dikasih voucher gratis 🙈 padahal lokasinya lumayan dekat dari rumah lho, ga nyampe 10 menit lah naik bentor (becak motor).

Kenapa saya bilang tidak tertarik? Soalnya dulu saat awal-awal buka, saya sempat mendengar review negatif tentang cafe ini dari teman dan kerabat yang sudah mencoba duluan. Banyak keluhan mengenai harga makanan yang tidak sesuai dengan rasa yang didapatkan.

Tapi, dalam 2 bulan terakhir ini ada beberapa teman yang malah mengajak meet up di Masakini. Kata mereka cafe ini rekomended baik harga maupun rasa makanannya. Hmm.. walaupun semua balik lagi ke selera masing-masing, saya akhirnya mengerti alasan adanya perbedaan review terhadap Masakini cafe setelah bertemu dan ngobrol langsung dengan ownernya, mbak Ryni. Beliau mengundang kami para blogger hari sabtu kemarin. Penasaran alasannya apa? Baca terus tulisan ini ya, hihi


Mbak Ryni Svinndal , owner Masakini Food & Gallery (pic by Qiah)

Tema dan Konsep

Saya pernah berkunjung ke beberapa tempat di Bandung baik cafe maupun hotel yang bertema Insdustrial, dan itu tuh antimainstream banget menurut saya. Lucu bin keren buat foto-foto, hihi. Mungkin ini juga yang membuat mbak Ryni memilih tema Industrial untuk cafenya. Biar beda aja dari cafe-cafe pada umumnya di Makassar. Konsep cafe didisain sendiri lho oleh mbak Ryni dan suami.

Baca jugaPandora Cafe dan Warkop Modjok, Bandung

Kesan pertama yang saya dapat saat masuk ke dalam cafe Masakini adalah 'lapang, terang, unik'. Meja dan kursi untuk pengunjung memiliki tema yang berbeda serta diatur tidak terlalu berdekatan, jadinya ada banyak ruang untuk kita bergerak.


Kursi yang ada di dekat pintu masuk. Unik ya :)

Homey banget suasananya


Masakini Food & Gallery terdiri dari tiga lantai. Dan hampir semua ubin yang digunakan merupakan buatan tangan lho. Keren banget ah!

Salah satu meja dan kursi pngunjung yang ada di lantai dua
Masakini cafe juga bisa jadi pilihan buat yang mau ngadain meeting dengan suasana beda. Ruangannya terdapat di lantai tiga, satu lantai dengan musholah.

Ruang meeting di lantai tiga (pic by Inar)
Tidak banyak cafe di Makassar yang sudah kekinian, ramah anak pula. Nah Masakini salah satunya. Ada kids corner, dan ada juga perosotan berbentuk kapal bajak laut di halaman samping cafe.

Para balita asik sendiri


Nah kalau ini untuk toddler, tapi bisa juga dimainin orang dewasa
Anakku bakal betah berlama-lama di sini nih 🙈

Food & Gallery

Selama ngobrol dengan mbak Ryni, saya bisa menarik kesimpulan alasan kenapa muncul keluhan di awal-awal cafe ini buka. Mbak Ryni cerita kalau beliau tidak menyangka akan diterima sebagai PNS saat pembangunan cafe masih on process. Jadinya mbak Ryni mempercayakan resep masakan kepada sang chef sementara beliau menjalankan tugasnya sebagai PNS.

Resep yang diberikan merupakan resep orisinil dari mbak Ryni dan suami. Ketika melakukan evaluasi, mbak Ryni sendiri mengakui terdapat beberapa kekurangan pada rasa masakan yang resepnya sudah dimodifikasi oleh chef. Karena dari awal mbak tekad mbak Ryni  mengusung menu masakan yang resepnya mix dari berbagai tempat, akhirnya masakini kembali menggunakan resep awal yang orisinil. Makanan dan minuman yang saya coba kemarin sesuai harga banget kok, malah dapat bonus tempat yg instagramable buat foto 🙈 dan kelebihan lainnya adalah semua menu di Masakini NON MSG 👍

Ini beberapa penampakan makanan dan minuman yang kami pesan.

Burger Masakini, kentangnya bisa pilih yang wedges atau frech fries
Calamari dan Pizza
Hot latte
Mango juice, milk shake, dan Taro shake. Enaaakk!
Mbak Rini juga menyampaikan kabar gembira nih. Selama bulan Ramadhan nanti akan ada promo 'all you can eat' hanya dengan 55.000 rupiah saja. Promonya berlaku 3x dalam seminggu, terbagi dalam 3 menu yaitu khas Indonesia, khas Bugis, dan internasional.

Selain cafe, Masakini juga memanjakan pengunjung dengan sebuah mini galeri yang menjual souvenir lucu dan unik. Minimal bisa cuci mata lah ya kalau memang ga niat beli, hihi

Itu trio VW beli-able banget deh..hihi
Mau foto prawedding di Masakini? Bisa banget. Hanya dengan 500.000 rupiah, kita udah bisa foto-foto dengan latar yang keren sepuasnya, plus dapat salah satu menu makanan dan minuman yang ada di Masakini. Impian mbak Rini sih tempatnya juga bisa digunakan untuk resepsi pernikahan yang konsepnya unik. Jadi si pengantin bisa ikut berbaur bersama tamu undangan. Wahh keren deh pasti, tiba-tiba pengen resepsi ulang di sini sama suami kebayang suasana sakral dengan sensasi berbeda 😍

Perfect Place to Hangout

Tempat yang kece, makanan enak, lokasi terjangkau banget, ramah anak, perfect deh untuk nongkrong bareng teman dan keluarga 😍

Blogger MAM. Itu juga ada blogger bayi ikut kekinian 🙈 (pic by Qiah)
blogger Makkunrai'na Anging Mammiri (pic from mbak Awie)

Masakini Food & Gallery
Jl. Pengayoman no. 34 Makassar
Tlp: O411-8911470