Minggu, 25 November 2012

Pudding Marie Mocca *homemade

Assalamu'alaikum wr wb..

Hari minggu ini ruang depan TV benar-benar bersih. Mesin jahit mini yg biasanya nongkrong depan tv sudah saya masukan ke dos, benang-benang beserta peralatan merajut juga sudah saya ungsikan ke kotak. Senang juga liatnya

Sebelumnya saya memang sudah niat untuk tidak membuat sesuatu yg berhubungan dengan 'sewing' dan 'crochet'. Tapi hari ini saya akan membuat pudding biskuit marie. Saya pernah mencoba membuat puding ini, tapi gagal total karena biskuit marie (yg sudah disusun di dasar loyang) mengapung saat saya menuangkan cairan agar- agar yang masih panas walaupun sudah saya diamkan sebentar. Kegagalan itu ga membuatku menyerah lho.. ternyata, cairan agar- agar itu ga cukup hanya didiamkan sebentar, tp harus ditunggu sampai uap panasnya benar- benar hilang sebelum dituang ke cetakan. Ada beberapa resep hasil googling yg saya temukan, tapi saya lebih suka bikin resep sendiri sesuai selera..

Dan, ini dia hasil pudding yang saya buat hari ini. Diikuti resep dan cara membuatnya





pudding ini terdiri dari 3 lapisan.. lapisan marie, lapisan susu, dan lapisan mocca











bahan:
3 bungkus agar-agar bubuk
4 gelas air putih
8 gelas susu cair
6 kuning telur
6 sendok mentega
6 sendok tepung maizena
5 sendok tepung terigu
2 sendok coklat bubuk
1 sachet Nescafe Mochacinno
gula dan vanili secukupnya

lapisan marie:

masak 1 bungkus agar-agar bersama 4 gelas air (jumlah air ikuti sesuai pentunjuk kemasan aj yah), masukkan gula secukupnya. aduk terus sampai mendidih. Diamkan sampai uap panasnya hilang. Sambil menunggu uapnya hilang, susun biskuit marie dalam loyang atau cetakan ukuran sedang. Tuang cairan agar-agar sedikit demi sedikit agar tidak mengapung. Dinginkan sampai permukaannya agak mengeras.


lapisan susu:

kocok lepas 3 kuning telur, 2 sendok tepung maizena, 3sendok tepung terigu, 3sendok mentega, dan gula secukupnya. Masukan susu cair 4 gelas (bisa juga air putih yg dicampur susu kental manis), masak bersama 1 bungkus agar-agar sampai mendidih dan agak mengental. Angkat,dan beri sedikit vanili bubuk. Tuang ke atas lapisan marie. Diamkan sampai mulai mengeras.


lapisan mocca:


kocok lepas 3 kuning telur, 2 sendok tepung maizena, 2sendok tepung terigu, 3 sendok mentega, 2 sendok coklat bubuk, 1 sachet Nescafe Mochacinno,dan gula secukupnya. Masukan susu cair 4 gelas, masak bersama 1 bungkus agar-agar sampai mendidih dan agak mengental. tuang ke atas lapisan susu yg sudah mulai mengeras.

*jatah masing-masing lapisan adalah 1/3 dalam satu cetakan. Jadi kalo lapisan pertama melebihi jatah,bisa dipindahkan ke wadah lain,begitu juga lapisan berikutnya.

Selamat mencoba! maaf kalo petunjuknya agak membingungkan,pengalaman pertama posting resep soalnya..Hehe.. resep2 lain menyusul ^^

Wassalam..

posted from Bloggeroid