Sabtu, 22 Desember 2012

Memandikan Ibu, Untuk Kali Pertama dan Terakhir


Untill wee meet again, IBU..
Merauke, 2 mei 2000 ..''ee..bangun ko semua sholat subuh! Siap- siap mau upacara di lapangan!'' kalimat terakhir yg masih terdengar secara utuh dari mulut ibuku.. Hari itu adalah hari terakhir ibu masih 'memanjakan' kami dengan menyetrikakan seragam sekolah, menyiapkan dasi dan topi yg akan kami pakai untuk mengikuti upacara hari pendidikan di lapangan Mandala, Merauke. Saya masih kelas 1 SMA saat itu. Dan besoknya, tak satupun kalimat utuh yang bisa diucapkan oleh ibuku. Tak ada sarapan, teh hangat, hanya ada empat anak manja dgn perasaan aneh, ga percaya, dan bingung. Tiba-tiba saja Ibu kesulitan dalam berbicara dan mengingat sesuatu. Tingkahnya pun sedikit aneh. Bapak yg terlihat santai dan biasa-biasa saja saat itu, justru menjadi satu-satunya orang yang paling habis-habisan menguras tenaga, biaya, perasaan, sampai 6 tahun ke depan. Saya masih ingat, sibuknya bapak saat mencari pengobatan, mengurus pensiun dini ibu, bahkan saat mengambil keputusan untuk mengirim ibu ke Makasar untuk berobat. Bapak bingung sekali saat itu. Akhirnya Ibu berangkat ditemani kakak ke duaku yang saat itu memang akan kuliah di makasar. Bapak tidak bisa ikut, karena kerja dan tentunya masih ada tiga anak cewek kehilangan arah yang masih sekolah. 

Sabtu, 08 Desember 2012

crocheted adult slippers and baby things ;D

Assalamu'alaikum..

Hai..halo.. Its time to pamer-pamer lagi..hihi
Semalam aku menyelesaikan baby girl booties and headband buat temen yang lagi hamil.. Mulainya sih udah dari 2 hari kemarin, cuma ga bisa selesai dalam sehari karena banyak banget film bagus di tv kabel yang berhasil menarik perhatianku, hohoho

Rabu, 05 Desember 2012

Popcorn stitch and Crocodile stitch!

Assalamu'laikum wr wb..

Kali ini yg akan saya posting adalah tas rajut dengan 'popcorn stitch' dan mobile case dengan 'crocodile stitch'. Keduanya saya buat beberapa waktu lalu dan baru kali ini ada kesempatan untuk memasukkannya ke blog. Yah supaya blog ini rame dikit lah..hehe



Awalnya seluruh body dari tas ini mau saya pakekan 'popcorn stitch' tapi sepertinya bakal lamaaa bgt jadinya. Akhirnya saya selingi dengan 'v stitch' di tiap 10 rows. Tas ini menghabiskan 3 gulung benang polyester warna abu-abu tua. Sedangkan gantungannya saya buatkan pom-pom warna abu mix hitam..polyester juga ;D


Lapisan dalam dan resletingnya dijahit tangan saja, karena kalau pake mesin bisa merusak benang. Sedangkan pegangan tasnya saya sematkan pakai kancing supaya bisa diatur panjangnya.



Mobile case menggunakan 'crocodile stitch' . Ini adalah pertama kalinya saya belajar tusukan ini dan langsung saya jadikan mobile case. Supaya lebih lucu, saya tambahkan mata dan paruh owl, jadi 'crocodile stitch'nya seakan-akan adalah bulu dari si owl,hehe



Saya suka banget warnanya, lembut..benang ini saya beli di Bandung setahun lalu, waktu saya betul-betul belum bisa memegang hook dengan baik ;D

For the record, saya menggunakan hp setiap mem-posting tulisan di blog karena adaptor jaringan internet di laptop ku bermasalah. Jadi akan ada banyak tulisan dan foto yg seharusnya sudah saya posting dari kemarin-kemarin tapi baru bisa sy lakukan sekarang ini..kadang terbentur mood juga sih ;p

Thx udah mampir..
Wssalam..
posted from Bloggeroid

Minggu, 25 November 2012

Pudding Marie Mocca *homemade

Assalamu'alaikum wr wb..

Hari minggu ini ruang depan TV benar-benar bersih. Mesin jahit mini yg biasanya nongkrong depan tv sudah saya masukan ke dos, benang-benang beserta peralatan merajut juga sudah saya ungsikan ke kotak. Senang juga liatnya

Sebelumnya saya memang sudah niat untuk tidak membuat sesuatu yg berhubungan dengan 'sewing' dan 'crochet'. Tapi hari ini saya akan membuat pudding biskuit marie. Saya pernah mencoba membuat puding ini, tapi gagal total karena biskuit marie (yg sudah disusun di dasar loyang) mengapung saat saya menuangkan cairan agar- agar yang masih panas walaupun sudah saya diamkan sebentar. Kegagalan itu ga membuatku menyerah lho.. ternyata, cairan agar- agar itu ga cukup hanya didiamkan sebentar, tp harus ditunggu sampai uap panasnya benar- benar hilang sebelum dituang ke cetakan. Ada beberapa resep hasil googling yg saya temukan, tapi saya lebih suka bikin resep sendiri sesuai selera..

Dan, ini dia hasil pudding yang saya buat hari ini. Diikuti resep dan cara membuatnya





pudding ini terdiri dari 3 lapisan.. lapisan marie, lapisan susu, dan lapisan mocca











bahan:
3 bungkus agar-agar bubuk
4 gelas air putih
8 gelas susu cair
6 kuning telur
6 sendok mentega
6 sendok tepung maizena
5 sendok tepung terigu
2 sendok coklat bubuk
1 sachet Nescafe Mochacinno
gula dan vanili secukupnya

lapisan marie:

masak 1 bungkus agar-agar bersama 4 gelas air (jumlah air ikuti sesuai pentunjuk kemasan aj yah), masukkan gula secukupnya. aduk terus sampai mendidih. Diamkan sampai uap panasnya hilang. Sambil menunggu uapnya hilang, susun biskuit marie dalam loyang atau cetakan ukuran sedang. Tuang cairan agar-agar sedikit demi sedikit agar tidak mengapung. Dinginkan sampai permukaannya agak mengeras.


lapisan susu:

kocok lepas 3 kuning telur, 2 sendok tepung maizena, 3sendok tepung terigu, 3sendok mentega, dan gula secukupnya. Masukan susu cair 4 gelas (bisa juga air putih yg dicampur susu kental manis), masak bersama 1 bungkus agar-agar sampai mendidih dan agak mengental. Angkat,dan beri sedikit vanili bubuk. Tuang ke atas lapisan marie. Diamkan sampai mulai mengeras.


lapisan mocca:


kocok lepas 3 kuning telur, 2 sendok tepung maizena, 2sendok tepung terigu, 3 sendok mentega, 2 sendok coklat bubuk, 1 sachet Nescafe Mochacinno,dan gula secukupnya. Masukan susu cair 4 gelas, masak bersama 1 bungkus agar-agar sampai mendidih dan agak mengental. tuang ke atas lapisan susu yg sudah mulai mengeras.

*jatah masing-masing lapisan adalah 1/3 dalam satu cetakan. Jadi kalo lapisan pertama melebihi jatah,bisa dipindahkan ke wadah lain,begitu juga lapisan berikutnya.

Selamat mencoba! maaf kalo petunjuknya agak membingungkan,pengalaman pertama posting resep soalnya..Hehe.. resep2 lain menyusul ^^

Wassalam..

posted from Bloggeroid

Jumat, 23 November 2012

A.M.I.G.U.R.U.M.I

okehh,,postingan berikut adalah beberapa foto amigurumi yang sudah saya buat selama ini. Gencar-gencarnya sih pas dua bulan terakhir aja. Sebagian besar buat temen, sebagian lagi untuk koleksi pribadi. Niat jualan sih ada, tp tidak dalam waktu dekat ini dikarenakan suasana hati sangat menentukan jadi atau tidaknya amigurumi ini. Dan kebetulan suasana hatiku sering sekali berubah,ditambah lagi faktor 'kuttu' a.k.a penyakit malas yg sering melanda, so..yah..u know lah..hehe

Rabu, 21 November 2012

missing hubby

Bismillah..

It's 02:28 AM now,,dan saya sama sekali belum merasa ngantuk. Tak tau kenapa, hampir tiap malam seperti ini. Sudah 2 minggu sejak dia meninggalkanku atas nama tugas. Sebelum2nya sudah sering ditinggal juga sih..hanya saja saat ini saya benar2 sendiri..doing everything all by myself. Jauh dari keluarga, teman dan kampung halaman :(

Sekitar sejam lalu, dia nelpon..mengabarkan dirinya hampir sampai di kota tujuan. Suara di tlp tak jernih, itu suara angin dan ombak. Untuk memberi kabar, dia tak harus menunggu sampai kapalx bersandar di dermaga..kapanpun ada sinyal hp, dia akan menelfon.

Sudah 2 tahun. Tapi perasaan senang dan bahagiaku saat ditelpon dia melebihi perasaan senang saat kami bertemu lagi untuk pertama kalix (setelah belasan tahun). Entah kenapa, dan perasaan itu tetap sama setiap kali dia sms atau nelpon setelah 2-3 hari ga ada sinyal hp. 2-3 hari itu adalah saat dimana kami benar2 hilang komunikasi. Waktu yg paling menyiksa.

'Assalamu'alikum Bun..lg apa niihh,gimana, sehat??' pertanyaan awal yang rutin dia tanyakan tiap kali menelpon. Suaranya menenangkan sekali, sampai2 saya lupa bagaimana bahagiax sy waktu melihat nama dan nomor yg muncul di layar hpku saat berdering. Kami bertukar cerita tentang yg kami alami selama 3 hari tak berkomunikasi. Dia senang waktu sy cerita kalo hari ini sy ke warung sendiri beli tabung gas dan memasang sendiri regulatorx.

Sudah 2 tahun . Seingatku, saya yg paling banyak mengeluh. Tentang pekerjaannya terutama. Padahal sy sudah tau pekerjaanx jauh2 hari sebelum sy memilihx. Dia selalu membuatku senang. Bahkan saat dia tak sanggup memenuhi keinginanku. Penolakanx pun dilakukan dengan caranya yang romantis.

Sudah 2 tahun. Sebelum 2 tahun itu, dia mungkin bukan orang yg baik bagi beberapa orang, bahkan pernah berlaku jg untukku. Saat ini,dia mungkin tak sempurna di mata orang lain, tp selalu sempurna di mataku. Dia pernah bilang, sangat beruntung memiliki saya, tak tau harus berbuat apa tanpa saya. Ah, dia mencuri kalimat2ku yg sebelumnya akan saya katakan padanya.

Sudah 2 tahun. Rasa marah, sedih, kecewa, dan takut tak akan pernah menandingi perasaan rindu yg tertuju hanya padanya. Tentang cinta, saya lebih suka rindu.

Ya. Sudah 2 tahun kami menikah. Dia suamiku. Teman sekolah, teman hidup. Yang katax terlalu sayang padaku. Bukan tanpa kecewa. Saya sering mengecewakannya malah. Bukan tanpa marah. Malah saya sering membuatnya marah.

Ya. Sudah 2 tahun kami menikah. Dan masih selalu merindukannya.

posted from Bloggeroid

Rabu, 03 Oktober 2012

Handmade 3.. i love crochet!

Crochet.. setahun lalu kata itu benar-benar asing di telingaku,pada awalnya..bla..bla..bla..bla..bla..bla..bla..bla..(maaf, langsung ke intinya aj yah..panjang bgt kalo mau diceritain dr awal..hihi..* i know..such a bad blogger, right?! ) dan inilah hasil rajutanku sejak November 2011!


yup! ini adalah rajutan pertamaku yg bisa kepake..(krn sebelum2x memang hancur berantakan jd ga bs dipake ;p) ini kalo dilihat secara langsung jg masih ga rapi bgt sih..



yang ini jg sekedar melatih jari aj biar lemes,,tp teteup ini ga bs dipake jg ya..lagi-lagi kekecilan,pdhl udh ngikutin polanya..


bandana rajut buat anak tetangga ;)

ini bikinnya ga pake pola, liat gambarnya aj sih..

syal buat panda..

syal bwt panda yg akhirnya dipake ponakan ;p


hook case tampilan luar saat tertutup..

hook case tampilan dari dalam saat terbuka..
Bros bunga

Amigurumi

Earflap hat for my Nephew..

baby boot yg akhirnya jd keychain krn kecil bgt,,haha

Earflap hat untuk suami :'*


Tas punggung untuk ponakan


green shawl..

amigurumi..little girl wears panda costume





amigurumi..hula2 girl..

segitu aja dulu ya..next time akan sy post lg tulisan yg lebih detil mengenai beberapa dari hasil rajutan di atas..ini ga bebas ngetik nih karena ngepostnya pake hp,huhu.. thx sudah mampir.. gotta go,see ya!
posted from Bloggeroid

Kamis, 20 September 2012

Handmadeku 2.. Back cover BB ;)

Asli baru pertama kali bikin yg kaya ginian.. iseng aja sih setelah nonton tayangan di TV tentang cewek yg sukses dengan bisnis silikon bb diaplikasikan sama kain jeans..lucu dan unik aja..jiwa penasaran dan semangatku pun muncul pada hari itu jg..kebetulan ada kain ku yg ga kepake karena sedikit rusak,dan kebetulan lg ada silikon bb (punya adekku) yg nganggur di meja riasku.. awalx sempat tertahan memulai,karena blm ada ide kreatif yg muncul..tp karena emang kainx udh bagus ,mengkreasikanx jd lebih cepat mengalir..disainx kreasi sendiri ya bukan nyontek ;p

dan.. eng ing eng! beginilah hasilnya..



kain yg sudah digunting,diaplikasikan ke silikon bb dgn cara dijahit tangan..keliatan bgt ga rapihx khan,hehe.. karena sy ga bilang2 ke adek kalo mau bereksperimen dgn silikon bbx,komentar si adek biasa2 aja..ga memuji,malah ngomong : 'iihh,susah masuk kantong dan organizerkuuu..' haha,emang sih BBx setelah pakein silikon eksperimenku jd agak lebih genduut.. Tapi besok2x dy rajin pake tuh n pamer ke temen kantorx ;p

posted from Bloggeroid

Selasa, 18 September 2012

handmadeku I (kain flanel)

Berikut adalah kumpulan hasil handmadeku yg berbahan dasar kain flanel yg pernah saya buat sejak tahun lalu..sebagian besar sih bwt jualan ,tp itu dulu..sekarang ini hanya untuk koleksi pribadi aja ;) semua foto hasil jepretan sendiri yaah.. cekidot!



bross2 jualan nih,pesenan teman di kendari..




bross permen,pesenan teman di palu..




bross mawar,ini jg pesenan teman2 di makasar,palu,kendari dan bali..




ini iseng aja sih bikinx tp ada yg beli jg,hehe




kalung flanel,kado bwt temen yg ultah..




gelang flanel,kado jg nih bwt temen ;)




kalo yg ini 100% buatan suamiku,hehe




kalung buat sepupu :)




toples hias flanel,baru bikin kemarin sore..hehe

Sekarang lg seneng2x merajut nih..kapan2 bakal di-post deh hasil rajutanku ;) see ya!

posted from Bloggeroid

Senin, 17 September 2012

anak tetangga 'bukan' idolaku..

Judul tulisanku ini sebenarnya adalah presentasi dari perasaanku saat ini. Sekedar info,saya baru saja 'kena tipu' oleh anak-anak tetangga yg umurnya pada tanggung..yah sekitar 8-10 tahun ( sebenarnya ga tau jg kenapa sy bilang itu tanggung..seingatku dulu waktu umur segitu,sy n ibu nyari baju tp slalu dicuekin penjual sambil berkata: ga ada baju yg usia tanggung bu!hmm). oke,kembali ke bocah2 itu..

Jadi gini..tiap hari sepulang dari sekolah,anak2 tetangga biasa ngumpul di rumah Alice tetangga buleku yg tinggal tepat di sebelah kiri rumahku. Alice mempunyai 4 orang anak yg umurnya deket2an..mereka belum bisa sekolah di sini karena blm mendapat nilai transfer dari skolah sebelumx di negara asal mereka.. Mereka baru 5 bulan di Indonesia (Bitung)dan para bocah sdh mulai fasih bicara Indonesia.. Tapi Alice,sang mama justru blm lancar bicara Indonesia..

Kalau dah pada ngumpul sama anak2 lain,mereka suka bgt nyanyi ala2 girl band dan boy band..saking seringx mereka nyanyikan itu,sy sampai hafal sepenggal lirikx : 'Kau bidadari jatuh dari surga, di hadapanku..eaaa' awalx sy berkata dlm hati (ih,anak2 hafalx lagu dewasa) cek per cek,itu lagu dibawakan ma anak2 jg..Coboy Junior..hmm

hari ini agak lain rasax,sepi dari nyanyi2..suasana tenang dan yup! saya pun tertidur.. sekitar sejam,saya dibangunkan oleh suara para bocah. Tapi kali ini bukan suara nyanyian,tp malah teriakan 'Tolong..Tolong..!!' ribut dan ramai sekali..awalx masih sy cuekin karena memang masih blm mood sehabis bangun tidur.. Tp teriakan minta tolong makin menjadi,,aduh kayax ada yg ga beres deh,pikirku..takutx sih ada yg terjepit atau jatuh karena di antara rumahku dan rumah Alice ada pagar tinggi yang suka dinaiki para bocah. Buru-buru sy berlari keluar..sebelum sampai di luar,semua terasa sangat menyebalkan saat salah satu dari mereka memperpanjang kalimat dalam teriakanx.. 'Tolong..Tolong bundadari,,putri jatuh di juraang!!' seketika sy hentikan langkahku dan dengan jelas mendengar salah satu bocah lg bersuara 'Tenang Putri,bundadari akan menolongmuu..' dan saya hanya bisa menarik nafas dalam sambil menahan kesal..that's what i'm talking about!!tertipu oleh anak2 yang tidak akan pernah merasa menipuku.. ( ̄◇ ̄;)

Yup! bundadari adalah panggilan syg utk bidadari oleh anak kecil yang ada dalam sinetron..lupa judulx apaaan,tp sy sering mendapatkan iklanx di tv..belakangan baru sy tau kalo nyanyian mereka selama ini adalah themesong dari sinetron tersebut.. Selamat yah Alfu! *sigh

posted from Bloggeroid

Jumat, 31 Agustus 2012

1001 malam di kota 1001 gereja :)

Akhirnya bisa nulis-nulis lagi nih.. Hidup dan duniaku masih sama menyenangkan dengan hari-hari sebelumx. Hanya saja,saya saat ini sudah tidak di makasar lagi. Sekarang saya berada di kota Bitung,Sulawesi Utara. Sebelumnya sih sudah sering ke sini tiap ketemu suami,tapi kali ini akan lama tinggal di Bitung.

Hari pertama sampai di Bitung, saya dan suami langsung menempati rumah kami untuk pertama kalinya. Ini juga kali pertama kami tinggal hanya berdua di rumah kami pula. Betul2 memulai dari NOL, segala keperluan rumah tangga baru akan disiapkan. Padahal nikahnya sudah hampir 2 tahun,hehe

Bitung,salah satu kota di provinsi SULUT yang sering juga disebut kota 1001 gereja. Cocok lah sebutanya,karena di sepanjang jalan kita akan sering bertemu dengan gereja. Di Bitung memang mayoritas warganya memeluk agama kristen. Tapi tidak sedikit jg yang mememeluk agama Islam. Perbedaan tidak menjadi halangan buat warga Bitung untuk bersosialisasi. Hanya saja, saja saya harus lebih berhati- hati dalam memilih makanan. Untungx, para penjual yg menjual makanan yg haram saya makan, sangat terbuka dan jujur untuk memberitahukan kepada pembeli bahan makanan apa yg terkandung. Jadi kita yg muslim tidak usah terlalu kuatir tentang itu :)

Hidup di kota ini mendatangkan bnyak perubahan positif utk saya. Terutama dalam menghadapi suatu perbedaan. Iman ku tertantang, dan inilah yang saya butuhkan ;)




Salah satu tugu yang ada di depan pelabuhan laut kota Bitung ^o^ ambil gambarnya waktu lagi makan bakso sambil menunggu suami selesai jum'atan..

posted from Bloggeroid

Minggu, 12 Agustus 2012

earflap hat,made in Leoran ;)

Alhamdulillah sudah di Makasar sekarang. Saya tiba sekitar pukul 02.00 dari Leoran,Enrekang,tempat tinggal iparku. Sekedar info,Leoran daerah yang super duper dingin (kalo pagi,hehe) maklum,letakx di dataran tinggi dan bergunung-gunung. Saya dan bapak sudah hampir sebulan menghabiskan waktu di sana. Tapi saya harus ke Makasar dulu menjemput suami dan kemudian akan kembali lagi ke Leoran untuk berlebaran.

Tapi kali ini saya akan bercerita tentang apa saja yg saya lakukan di Leoran kemarin,saya tidak dapat menulis dan mem-publish langsung blog saya karena di Leoran signal tidak memungkinkan untuk berinternetan ria. Tujuan utamaku ke Leoran adalah untuk menemani bapak yang ingin suasana baru selama beliau terserang stroke. Dan ternyata memang beliau sangat betah dan semangat selama di sana. Keponakan-keponakanku yg lucu bin imut mampu membuat bapak ceria dan seolah lupa akan sakitnya. Salah satu keponakanku menjadi inspirasi untuk saya membuat project rajutan baru,yaitu earflap hat. Kebetulan saya membawa perlengkpan merajutku seperti hook dan benang bulky. Wala!jadilah earflap hat untuk keponakanku ;)







Selain earflap hat,saya juga membuatkan peci untuk dipake sholat ied nanti




Senang rasanya bisa membuat sesuatu yang berguna untuk keponakan sendiri ;D

posted from Bloggeroid

Senin, 16 Juli 2012

Galau akibat tikus

beberapa tahun terakhir ini,hatiku selalu penuh kegalauan,terutama pada malam hari menjelang tidur..gimana ga,pas lagi ngantuk2x sy jd ga bisa tidur karena terganggu oleh konser tikus..sangat mengganggu deh! Dulunya hanya mendengar suarax saja,tp belakangan malah sering melihat langsung tikus pada kongkow2 di pojokan..siang pun kadang mendapati seekor ato dua ekor wara wiri di kabel2,,jadi sakit hati liatx..

Sudah berbagai cara sy tempuh untuk membasmi tikus. Dari pasang perangkap,lem tikus,sampai racun tikus ga ada yg mempan.. Hasil googling sih katax ada buah yang ampuh mengusir tikus dgn aromax,namax buah bintaro. Tapi sampai sekarang sy blm dapat si buah itu. Jadi penasaran dan pengen coba langsung.

Yang sekarang2 ini menambah beban pikiranku adalah beberapa jam lalu sy mendapati tikus yg tiba2 freeze waktu melihat sy..sy sih langsung lempar2in aja pake kapur barus yg kebetulan sedang sy pegang (sialx ga pernah kena!),anehx si tikus tetap mematung dan seolah-olah menatap tajam ke arahku..jadi ngeri,langsung aj sy lempar2in lagi sampai tikusx pergi. Kakakku yg kebetulan lewat cerita kalo tikus itu pendendam. Kejadianx pernah dialami teman kantorx. Jadi,teman kantor kakakku pernah membongkar sarang tikus (beserta bayi2x)yg ada di dalam lemari. Eh, besokx pas lagi nonton tv tiba2 muncul tikus dan langsung menggigit kaki teman kakakku sampai berdarah.. Ya awalx ga percaya jg sih,tp kakakku bukan tipe orang yg suka becanda..ih jadi takut ngebayangin tikus tadi yg mungkin nge-freeze karena ingin berkonsentrasi mengenal wajahku untuk dijadikan target balas dendam! Whuaa,gimana donk inii..bakal ga bisa tidur.. (*´ο`*)

posted from Bloggeroid

Rabu, 04 Juli 2012

Tas rajutan

Tadi sore mampir di colorbox dan nemuin tas ini..penasaran deh,stich apa yah yg dipake?hmm..

posted from Bloggeroid

Rabu, 20 Juni 2012